Rabu, 04 September 2013

Gerakan Kewirausahaan Nasional

Dari judul tulisan di atas sudah jelas, bahwa gerakan ini bersifat nasional. Saya membaca tulisan di Setkab, yang bisa saya simpulkan dalam 2 hal:

A. Dana GKN

Setiap tahun Pemerintah menyalurkan dana sebesar Rp 20 triliun sampai Rp 25 triliun untuk bantuan kredit masyarakat memulai usaha.

B. Manfaat Wirausaha

1) Dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat;

2) Meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan kemampuan menghasilkan lebih banyak barang dan jasa, serta kreasi produk baru;

3) Menciptakan teknologi produk dan jasa baru dengan memanfaatkan perubahan teknologi terkini sehingga memungkinkan penciptaan inovasi-inovasi baru produk; dan

4) Mengubah dan meremajakan pasar dengan aktif meningkatkan kualitas produk yang siap dan memiliki nilai tambah serta kompetitif dalam harga guna meningkatkan daya saing di pasar global.

Sumber:


Sekarang saya jadi ingat seorang teman dulu. Bagaimana dia bisa punya pikiran seperti ini. Kenapa etnis Tionghoa itu selalu maju dalam hal usaha? Kenapa kita tidak? Kata dia begini...

Mereka itu setiap mata memandang, yang ada di pikirannya adalah bisa jadi duit. Kalo lagi ngantri di ATM, sambil nunggu mikir, seandainya di antrian ini ada yang nyewain kursi buat duduk enak juga, ya? Minimal bisa ngantri sambil duduk. Atau kalau lagi bete nungguin bis, tiba-tiba kita ngumpulin sampah plastik lalu dibawa pulang. Tiap pulang bawa 100 air mineral gelas (sampah) saja, sebulan kita sudah ngumpulin berapa, ya? Terus berapa duit ya hasilnya? Begituu terus. Setiap hari pikirannya mengubah sesuatu menjadi emas, ibarat kata.

Inti dari pembahasan dia itu adalah, kalau mau bicara usaha, mulailah dari hal-hal yang kecil saja dulu. Hal-hal yang melekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena kita mengalami, maka kita akan kenal kendala utama saat menjalankan usaha tersebut.

Pikir saya, masuk akal juga!!!


Sponsored by:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar