Senin, 30 September 2013

Kabupaten Gelumbang

Wacana Gelumbang akan menjadi kabupaten sudah sering terdengar, entah kapan itu akan terwujud, yang pasti geliat ke arah sana mulai dikembangkan. Saya tertarik dengan pertanyaan, jika Gelumbang menjadi kabupaten, apa dulu yang musti dibangun?

Saya rasa yang pertama kali musti dipikirkan adalah masalah kebutuhan pangan. Ini yang terpenting jika kita ingin Gelumbang jadi kabupaten. Kalau perlu, Gelumbang menjadi semacam percontohan di Indonesia, bahwa kabupaten ini bisa memenuhi kebutuhan pangan-nya sendiri.

Mulai dari ketersediaan beras, lalu sayur-mayur, perikanan, peternakan, dsb. Segala hal yang menyangkut kebutuhan pokok pangan harus terpenuhi dulu di dalam kabupaten Gelumbang. Artinya, Gelumbang tidak akan bergantung dengan daerah lain untuk urusan pangan.

Logika ini sangat sederhana menurut saya, karena urusan makan adalah hal penting yang musti diurus. Jangan sampai Gelumbang jadi kabupaten tapi masyarakatnya kelaparan. Kan nggak lucu.

Setelah ketersediaan bahan pangan terpenuhi, selanjutnya kita akan membahas masalah gizi. Ini berkaitan dengan generasi penerus yang ada di Gelumbang. Kebutuhan akan gizi ini akan diteruskan dengan pengembangan masalah kesehatan dan pendidikan.

Kesehatan dan Pendidikan juga memiliki peranan penting dalam mendirikan Gelumbang menjadi kabupaten. Adanya Rumah Sakit, adanya Puskesmas yang mendukung Rumah Sakit, adanya klinik bersalin 24 jam, adanya Usaha Kesehatan Sekolah, dsb. Intinya agar kabupaten Gelumbang sehat, ya masyarakatnya musti sehat dulu.

Lalu masalah pendidikan. Saya pribadi sudah sering mendapatkan tawaran untuk membuka kampus di Gelumbang. Tapi yang jadi masalah adalah, kampus jenis apa yang benar-benar dibutuhkan di Gelumbang? Kalau kampusnya adalah kampus komputer, masalah muncul, lantaran listrik sering mati di wilayah Gelumbang. Atau mungkin kampus yang mendukung Gelumbang supaya bisa memenuhi kebutuhan pangan tersebut.

Beginilah kira-kira pemikiran awal saya, jika Gelumbang ingin menjadi kabupaten. Soalnya bukan saja bicara masalah belanja pegawai, infrastruktur jalan, dsb. Gelumbang harus bisa memenuhi dulu kebutuhan pokok Gelumbang itu sendiri.

Mari sama-sama kita pikirkan!!!


Link...
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar