Selasa, 03 September 2013

Logika Sebuah Pembangunan Jalan

Kemaren saya melakukan perjalanan dari Gelumbang-Palembang-Gelumbang. Saat saya berada di jalan Indralaya-Palembang, saya menemukan pembangunan jalan yang sedang dilakukan. Ini adalah kelanjutan jalan yang dibangun antara Palembang-Indralaya. Masalah utamanya adalah tentang rawa-rawa. Karena memang Palembang adalah kota Provinsi yang (bisa dibilang) dikeliling oleh banyak rawa dan sungai. Oleh sebab itu untuk menimbun tanah bagi pembuatan jalan sangatlah sulit, sebab, butuh waktu yang pas agar tanahnya bisa benar-benar padat.

Tapi ada satu hal yang menarik perhatian saya, yaitu tentang cara mereka menahan laju air dari rawa agar mereka bisa maksimal memadatkan jalan tersebut. Caranya adalah dengan menahan pakai plastik panjang. Plastik itu dipasang agar air tidak masuk ke tanah yang sedang dipadatkan. Ini juga masih belum maksimal, soalnya kalau tiba-tiba turun hujan, tetap saja tanahnya menjadi lembek. Memadatkan tanah yang ditimbun itu butuh waktu lama. Ini yang menjadi masalah, kenapa pembangunan jalan di sekitaran kota Palembang sangat lama.

Sekedar cerita, saya akan membandingkan antara penimbunan tanah di jalan tersebut dengan rumah sepupu saya (contoh). Tanya punya tanya, pada saat dia membangun rumah tersebut cukup menghabiskan banyak biaya. Seingat saya, dia pernah bilang bahwa untuk penimbunan tanah saja bisa menghabiskan 1/3 dari pembangunan rumah. Bayangkan, seandainya rumah seharga 600 juta rupiah saja, berarti butuh 200 juta sendiri untuk menimbun tanah.

Setelah ditimbun tidak bisa langsung dibangun. Butuh waktu lagi agar kondisi tanah benar-benar padat, sehingga bangunan bisa didirikan. Sepupu waktu itu menggunakan jasa arsitek dsb, sehingga dia benar-benar merasa puas dengan bangunan rumahnya tersebut.

Yang jadi pertanyaan adalah, kalau untuk rumah saja 1/3-nya habis untuk penimbunan tanah, bagaimana dengan jalan? Hmmm...


Sponsored by:
http://klikstarvision.com/
http://www.frame-magz.com/search/label/Movie%20Story

Tidak ada komentar:

Posting Komentar